Tata Cara Berhijab yang Baik dan Benar

10 November 2016

Tata cara berhijab yang baik dan benar, harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

Menutupi seluruh bagian tubuh
Setiap muslimah wajib menggunakan hijab yang menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali telapak tangan dan wajah. Seperti yang di perjelas kembali pada Surat An-Nuur ayat 31 yang menegaskan kewajiban bagi para wanita mukminah untuk menutup seluruh perhiasan, tidak memperlihatkan sedikitpun kepada orang-orang yang bukan mahromnya kecuali perhiasan yang biasa nampak.

Bahannya tebal dan tidak tembus pandang
Pemilihan bahan atau kain yang tepat sangat berpengaruh penting terhadap ajaran dan syariat islam dalam berhijab. Karena pada jaman nabi-nabi terdahulu para wanita muslim yang berhijab selalu memakai busana berbahan tebal dan tidak tembus pandang sehingga tidak akan melihatkan kulit tubuh yang sebenarnya.

Gunakanlah jilbab yang longgar atau besar
Jilbab yang berukuran besar akan mencerminkan anda sebagai wanita muslim yang benar-benar menjalankan perintah Allah. Karena di jaman sekarang sangat banyak fashion jilbab yang hanya dipakai seenaknya saja seperti ukuran hijab yang terlalu pendek dan ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh. Dan itu semua sudah jelas dilarang.

Tidak mencolok dan berwarna berlebihan
Apabila anda ingin benar-benar mendekatkan diri pada Allah, maka jangan selalu ikut-ikutan gaya atau trend masa berhijab. Akan lebih baik dan indah dipandang jika anda memilih motif dan warna sederhana walaupun sekarang sudah cukup banyak beberapa pilihan warna dan motif yang terlalu mewah dan mencolok.

Tidak memakai make up atau riasan berlebihan
Menggunakan make up sebenarnya tidak dilarang dalam syariat islam, namun bagi para wanita yang berhijab sebaiknya berhias sederhana namun tetap enak dilihat. Karena dalam ajaran islam seorang wanita hanya boleh berhias atau berdandan di hadapan suaminya (bagi yang sudah menikah).